Lagi Mewabah, Kenali Gejala Virus Corona Sedini Mungkin

Sencov – Saat ini, dunia tengah dihebohkan dengan infeksi virus Corona atau Covid-19 yang makin lama makin meluas penyebarannya. Indonesia pun tak luput dari pandemi ini, yang mana hingga 31 Maret ini tercatat telah ada 1.528 kasus positif Covid-19 yang ditemukan. Salah satu cara untuk menghindari risiko terburuk penyakit ini, adalah dengan mengenali gejala virus Corona sedini mungkin.

gejala virus corona

Gejala yang Ditimbulkan Saat Terinfeksi Virus Covid-19

Virus Covid-19 merupakan jenis virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Saat seseorang terinfeksi virus ini, maka sistem kerja paru-parunya akan langsung mengalami penurunan. Gejala yang ditimbulkan Covid-19 ini terbilang hampir mirip gejala yang ditimbulkan virus lain yang menyerang paru-paru, namun dengan efek yang lebih parah.

Saat seseorang terinfeksi oleh virus Covid-19, gejala umum yang ditunjukkannya adalah demam tinggi hingga lebih dari 38 derajat Celcius, batuk kering, dan sesak napas. Dalam beberapa kasus positif lainnya, pasien juga mengalami sakit tenggorokan, hidung yang tersumbat, pilek, atau diare. Bahkan, beberapa pasien juga melaporkan bahwa kemampuan membauinya berkurang bahkan hilang.

Penularan Virus Corona dan Cara Menghindarinya

Virus Corona atau Covid-19 menjadi begitu ditakuti karena penularannya yang begitu cepat dan mudah. Seseorang bisa tertular virusnya, jika tak sengaja menghirup percikan ludah yang berasal dari bersin penderita. Kontak dalam jarak dekat seperti berjabat tangan dengan pasien yang terindikasi positif pun, berpotensi besar membuat seseorang terinfeksi oleh virus ini.

Nah, daripada membiarkan diri tertular virus Covid-19 ini, baiknya Anda lakukan pencegahan sedini mungkin agar bisa terhindar dari risiko infeksinya. Caranya pun sangat mudah, mulai dari sekarang jauhi keramaian. Kemudian, rutinlah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan hindari mengusap wajah secara langsung dengan menggunakan tangan.

Gejala virus Corona yang hampir mirip dengan pilek atau batuk biasa, membuat sebagian besar orang sulit untuk mendeteksi dan membedakannya. Jika sekiranya Anda mengalami semua gejala yang telah dipaparkan tersebut, baiknya berinisiatif untuk memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat. Ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan diri dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *